Bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa khususnya Jawa Tengah pastinya sudah familiar dengan Obyek Wisata Taman Nasional Karimunjawa. KarimunJawa termasuk wisata kepulauan dari beberapa obyek wisata dibawah nama kawasan Taman Nasional Karimunjawa. Karimunjawa berlokasi di Kabupaten Jepara dan terletak di Laut Jawa. Tempat wisata ini terdiri dari 1.500 hektar wilayah daratan dan 110.000 hektar wilayah lautan. Pesona Karimunjawa menarik turis domestik maupun turis asing. Disini kita bisa menyaksikan panorama alam yang menakjubkan seperti terumbu karang, Bukit Love, Bukit Nyamplungan, dan juga Bukit Joko Tuo.

Sejarah nama Karimunjawa

Rakyat setempat percaya bahwa, dahulu Sunan Muria—salah satu penyebar Agama Islam di Pulau Jawa—suatu hari berjalan-jalan dan melihat pulau-pulau di Laut Jawa yang tampak samar (kremun-kremun/klemun-klemun dalam bahasa Jawa). Sunan Muria lalu menyebut pulau-pulau tersebut kremun-kremun soko Jawayang kemudian dalam bahasa Indonesia biasa disebut Karimunjawa. Di pulau ini, kita akan melihat banyak peninggalan dari Amir Hasan/Sunan Nyamplungan putra Sunan Muria. Peninggalan tersebut berupa ikan lele tanpa patil, kalimosodo dan juga ular edhor yang dianggap keramat oleh penduduk setempat.

Alur Perjalanan untuk Sampai di Tempat Wisata Karimunjawa
Jika Anda penduduk asli pulau Jawa, pastinya tahu betul bagaimana cara menuju pulau ini khususnya dengan menggunakan jalur darat dan memanfaatkan alat-alat transportasi yang disediakan oleh pengelola wisata untuk sampai di pulau ini. Sedangkan untuk turis domestik khususnya dari luar pulau Jawa atau bagi turis asing yang ingin berkunjung bisa memanfaatkan jalur udara untuk sampai di bandara Ahmad Yani Semarang. Lalu, Anda bisa memilih jalur laut atau jalur udara untuk perjalanan selanjutnya. Untuk jalur laut, dari Semarang menuju pelabuhan Tanjung Mas dengan kapal KMC Kartini yang akan memakan waktu lebih kurang 4 jam. Jika Anda memilih jalur udara, Anda akan menuju Bandar Udara Dewa Waru di Kemujan dengan menaiki pesawat CASSA 212 yang disediakan oleh pihak Karimunjawa.

Aktivitas yang bisa kita lakukan di Taman Nasioanal Karimunjawa
Dengan mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa melakukan banyak hal yang menghibur dan mengilangkan stres. Tempat ini cocok sekali bagi Anda yang ingin:

• Menyelam

Pada tahun 1955, kapal Panama Indono tenggelam di kepulauan ini, di titik tersebut ditemukan habitat ikan karang yang cukup banyak sehingga cocok untuk aktivitas diving Anda.

• Snorkeling

Jika belum berani diving, Anda bisa mencoba snorkeling terlebih dahulu yang tentunya tingkat kerumitan dan bahayanya lebih ringan daripada menyelam.

• Mandi di Pantai and Sun Bathing

Merasa bosan dengan kamar mandi Anda? Atau ingin suasana mandi yang baru? Anda bisa mandi di pantai pulau Karimunjawa lalu dilanjutkan dengan berjemur yang pastinya menyehatkan.

• Fishing

Nah, jika Anda punya hobby mancing dan bosan mancing di empang, Anda bisa memancing di pulau ini. Pihak Karimunjawa menyediakan fasilitas kapal yang bisa Anda gunakan jika ingin memancing di tengah laut.

• Glass Bottom Boat

Jika Anda belum bisa berenang tetapi ingin menikmati keindahan bawah laut Karimunjawa, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyewa Glass Bottom Boat. Ini adalah kapal selam dengan dinding kaca transparan sehingga Anda bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa takut basah.

• Playing jetski and Banana Boat

Anda suka tantangan dan ingin ditantang? Pastikan Adrenalin Anda terpicu dengan memanfaatkan fasilitas jetski dan banana boat di obyek wisata taman nasional Karimunjawa.

• Renang dengan “Teman Spesial”

Siapa teman spesial untuk renang di Karimunjawa? Dia adalah hiu yang sudah jinak dan terlatih. Hiu-hiu di pulau ini tidak ganas seperti yang ada di kepulauan lain. Untuk itu, rasakan sensasi berenang dengan ikan hiu di Karimunjawa.

• Mengelilingi Pulau

Jika Anda baru kali pertama mengunjungi pulau ini, untuk mengetahui keseluruhan bagian pulau Anda bisa mengelilinya dengan fasilitas yang disediakan.

• Ziarah Wali

Di Karimunjawa, Anda bisa berziarah ke makam Amir Hasan atau Sunan Nyamplungan putra Sunan Muria. Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke sumur wali, makam Sayid Abdullah dan Makam Sayid Kambang.

• Menikmati Pemandangan Satwa Darat

Di pulau ini, Anda bisa menemukan banyak fauna yang tidak ditemukan dipulau-pulau lain, seperti rusa, kera ekor panjang, penyu sisik, betet, dan 40 jenis burung lain.

Untuk berkunjung ke Karimunjawa, Anda sebaiknya memperhatikan waktu atau musim yang tepat sehingga Anda bisa memanfaatkan semua fasilitas dan melakukan aktivitas tertentu seperti yang Anda inginkan (tidak mungkin kan snorkeling, diving, naik jetski dan banana boat dalam kondisi angin kencang dan banjir bandang?). Jangan lupa pakailah sandal sebab banyak sekali terumbu karang. Tentukan pulau yang akan Anda tuju sejak keberangkatan (sebab banyak sekali puau-pulau di kepulauan Karimunjawa), dan perhatikan listrik aktif. Di Karimunjawa listrik menyala dari jam 18.00 sampai jam 06.00, Anda bisa mempersiapkan peralatan elektronik Anda agar tidak sampai kehabisan baterai. Dengan ulasan di atas, liburan Anda pasti akan sangat menyenangkan dengan mengunjungi Taman Nasional Karimunjawa.