6 Lokasi Di Karimunjawa Yang Jadi Objek Wisata Populer

Lokasi Karimunjawa terletak di Laut Jawa, di sebelah utara Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 27 pulau kecil dan besar, berpenghuni dan tidak berpenghuni. Baik pulau yang dihuni maupun yang tidak dihuni, banyak yang menjadi objek wisata sangat menarik di Karimunjawa ini. Karimunjawa sendiri merupakan wilayah taman nasional yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yang menjadi rumah bagi sekitar 400 spesies laut yang terdiri dari ikan, terumbu karang, hutan bakau, mamalia laut, dan lain sebagainya.

Kepulauan Karimunjawa juga memiliki beberapa satwa langka seperti penyu hijau, elang laut dada putih, dan penyu sisik. . Pantai di pulau-pulau Karimunjawa umumnya memiliki pasir pantai yang putih dan perairan dengan ombak cenderung tenang karena berbatasan dengan banyak pulau. Maka dari itu lokasi Karimunjawajadi lokasi favorit untuk objek wisata, di antaranya yang paling  banyak dikunjungi adalah sebagai berikut.

Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil adalah lokasi Karimunjawa yang tidak memiliki penduduk. Pulau ini jadi lokasi liburan favorit bagi mereka yang ke Karimunjawa karena dekat dengan pulau utama, sepi, dan memiliki perairan yang menyenangkan untuk melakukan snorkeling atau diving karena kedalamannya tidak begitu dalam. Airnya berwarna biru jernih sehingga Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan bawah laut yang ditawarkan. Hati-hati ketika berenang atau hanya bermain air di perairan Pulau Menjangan Kecil karena terumbu karang yang terinjak-injak bisa rusak dan mengganggu ekosistem.

Pulau Menjangan Besar

Lokasi Karimunjawa yang juga populer dikunjungi adalah Pulau Menjangan Besar. Di pulau ini  terdapat penangkaran ikan hiu untuk menjaga populasi ikan hiu di Laut Jawa yang banyak diburu oleh nelayan. Di penangkaran ini Anda bisa menguji nyali berenang di antara kumpulan hiu yang berukuran lebih kecil sambil ditemani oleh pemandu atau pengelola dari penangkaran hiu ini. Biaya masuk ke penangkaran hiu ini cukup dengan 25 ribu saja per orang sudah lengkap dengan kesempatan untuk berinteraksi dari jarak dekat dengan hiu-hiu di Karimunjawa.

Pulau Cemara Besar

Lokasi Karimunjawa satu ini diberi nama Pulau Cemara Besar karena ada banyak pohon cemara liar yang tumbuh di sana. Pulau ini juga termasuk pulau tidak berpenghuni yang banyak dikunjungi wisatawan untuk mencari spot snorkeling yang lain atau sekedar santai menghirup udara yang segar dari pohon cemara. Anda bisa mengintip dunia bawah laut di perairan Pulau Cemara Besar, namun memang tidak seindah di Pulau Menjangan Kecil. Tetapi koleksi terumbu kerang di Cemara Besar masih sangat bagus dan asri karena berada di kedalaman yang cukup dalam dan tidak begitu banyak wisatawan yang datang ke sini dibandingkan dengan Pulau Menjangan Kecil.

Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam adalah lokasi Karimunjawa yang terletak di pulau utama. Untuk perjalanan melalui darat membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor, akan lebih cepat jika Anda menggunakan perahu mengitari pulau untuk sampai ke Tanjung Gelam, namun tentu dengan biaya yang lebih mahal. Di pantai ini terdapat pohon kelapa miring yang seringsekali jadi objek foto utama di kawasan Pantai Tanjung Gelam. Dengan pemandangan yang cantik, air dan angin laut yang segar, pemandangan sunset yang romantis, Anda bisa sambil santai makan dan minum di berbagai warung di pinggir pantai.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana juga merupakan pantai yang terletak di pulau utama Karimunjawa, tepatnya ada di sebelah timur.  Pantai ini merupakan pantai terpanjang di Karimunjawa dengan pemandangan khas pantai yaitu pasir putih dan air laut dengan ombak yang sedang. Banyak pohon kelapa yang ada di sekeliling pantai membuatlokasi Karimunjawa ini memiliki suasana yang autentik.

Hutan Mangrove

Hutan mangrove memiliki peran yang penting untuk keseimbangan ekosistem di laut. Ia juga berfungsi sebagai pemecah ombak laut sehingga tidak terjadi abrasi atau pengikisan tanah oleh laut di daratan. Hutan mangrove di Karimunjawa yang terkenal ada di Pulau Kemujang di mana untuk wisatawan sudah disediakan track dermaga dari kayu sepanjang 2 km yang bisa digunakan untuk menelusuri pinggir laut yang dikelilingi oleh hutan mangrove. Itulah dia beberapa hotspots yang bisa Anda kunjungi untuk liburan lokasi Karimunjawa.